Memperbaiki Printer Tidak Bisa Menarik Kertas

Posted by Sahata Simbolon on 2:55 PM 3 comments

Printer tidak bisa narik kertas! Itulah kejadian yang saya alami pada hari ini. Kerusakan printer ini terjadi pada Printer Canon IP1980, milik Tata Usaha tempat saya bekerja. Printer gagal ngeprint karena tidak bisa menarik kertas secara sempurna, kertas kadang tertarik tetapi miring dan kemudian berhenti, kadang tertarik sempurna tetapi berhenti mendadak sehingga mengakibatkan printer paper jam alias kertas macet pada printer.

Karena penasaran, apa yang menyebabkan printer tidak bisa menarik kertas sehingga printer mengalami paper jam, akhirnya saya membongkar printer Canon IP 1980 tersebut. Sebelumnya, saya sempat search di google apa penyebabnya, di salah satu blog yang saya kunjungi menyebutkan itu mungkin karena patahnya AS pada roda karet penarik kertas, setelah saya periksa keadaannya normal saja. Lalu saya kembali memeriksa printer tersebut dengan mengklik tombol maintence "roller cleaning" (tanpa kertas). Saya berpikiran mungkin ada kotoran yang nyangkut. Ternyata benar saja, yang saya temukan banyak pecahan kerikil, sebesar butiran gula. Saya lalu coba memasukkan kertas dan melakukan roller cleaning, tetapi masih saja paper jam. Saya kembali melakukan roller cleaning (tanpa kertas) berulang-ulang entah berapa kali. Saya lupa! Dan setelah itu posisi printer saya balikkan ke bawah (sambil saya goyang-goyangkan), jatuhlah satu kotoran tikus! Astaga, ternyata benar saja, setelah saya masukkan kertas dan melakukan roller cleaning, kertas keluar dengan mulus tanpa ada hambatan!
Gambar 1
Printer Canon IP 1980 milik Tata Usaha
Gambar 2
Kotoran Tikus yang nyangkut pada roda roda karet Printer

Alhamdulillah, setelah saya melalukan test print beberapa kali, printer berjalan normal kembali, dan ternyata masalahnya ada pada kotoran yang menyangkut pada roda roda karet. Kenapa kotoran bisa masuk dan menyangkut ke dalam roda roda karet printer? Itu adalah karena kebanyakan orang lupa menutup bagian atas printer setelah dipakai. Jadi saran saya, apabila kita telah selesai menggunakan printer, jangan lupa menutup bagian atas printer tersebut.


3 komentar:

Terimakasih tips nya sob. Sangat membantu dan sangat berguna. :)

dapat satu ilmu lagi ne ah...
terimakasih,printer kantor saya beberapa waktu yang lalu tidakbisa narik kertas,besok saya praktekin deh...

Post a Comment