Download Kamus Singkatan Sederhana Gratis + Opensource

9:30 AM

Setelah agak lama tidak membuat sesuatu yang baru dengan Delphi, Ebta Setiawan mencoba kembali membuka program Delphi dan membuat sebuah aplikasi sederhana yang mungkin bermanfaat, yaitu Kamus Singkatan. Selain gratis, portable aplikasi ini bersifat open source, sehingga kita bisa mendapatkan source kodenya.

Kamus Singkatan ini merupakan aplikasi yang cukup sederhana, dengan fitur pencarian (filter) otomatis berdasarkan singkatan, arti bahasa indonesia, bahasa Inggris ataupun kategori jika memang ada. Database diambil dari proyek kateglo (bahtera.kateglo.org). Jumlah total singkatan ada 3.423.

Selain gratis, kamus sederhana ini bersifat portable dan hanya sebuah file exe saja (KamusAcro.exe, sekitar 306 KB) tanpa memerlukan database atau file tambahan lainnya. Download dan langsung jalankan dan silahkan mencoba mencari dengan menuliskan di pencarian baik singkatan, arti bahasa Indonesia atau bahasa Inggris (bisa juga mengisikan beberapa kriteria sekaligus). Selanjutnya daftar singkatan akan langsung ditampilkan dengan cepat dibawahnya.


Kamus Singkatan ini dikompile dengan Delphi 7 Personal, dan bagi kita yang biasa atau mulai belajar Delphi, bisa mendapatkan source kodenya untuk dipelajari, dikembangkan atau sekedar melihat-lihat saja karena memang cukup sederhana dan tidak banyak kode-kodenya. Bagi para master delphi mungkin bisa memberikan masukan atau saran dengan aplikasi sederhana ini. Untuk meng-compile source kode, diperlukan komponen NextGrid (gratis bisa di download dari BergSoft ). Source kode ini seharusnya bisa di kompile mulai Delphi 5 sampai Delphi XE

Download Kamus Singkatan (306 KB)
Untuk mendapatkan source kodenya, silahkan langsung request melalui email ke ebta.setiawan [at] gmail [dot] com