KBBI Offline 1.3

7:21 PM

Assalammualaikum. Alhamdulillah, kembali bisa hadir di sini, dan kembali bisa share kepada sobat blogger, dan kali ini saya ingin share tentang KBBI Offline. Apa itu KBBI Offline? KBBI  Offline merupakan versi offline dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) yang ada di Pusat Bahasa (http://pusatbahasa.diknas.go.id/kbbi/). Dibanding versi online Kamus ini mempunyai beberapa keunggulan, dan selain itu Kamus ini Gratis (freeware) dan bebas disebarluaskan dengan syarat tidak mengubah software.

KBBI ini dibuat oleh Ebta Setiawan yang mana baru-baru ini beliau telah merilis versi terbaru dari KBBI Offline yaitu KBBI Offlline 1.3. Apa saja yang terbaru dari versi ini?
  • Auto search, sekarang sobat tidak perlu menekan tombol cari atau menekan enter, ketika menuliskan kata yang akan dicari, program ini akan otomatis melakukan pencarian, kecuali jika hanya 1 huruf hasilnya juga akan huruf tersebut.
  • Pencarian berdasar kriteria : sama, diawali, diakhiri, memuat. Silahkan dipilih kriteria pencarian yang diinginkan.
  • Informasi jumlah hasil pencarian.
  • Perbaikan beberapa kata dasar dan definisi yang ada tambahan angka.
  • Berbaikan pemilihan kata yang sebelumnya bisa memilih banyak.
  • Perbaikan beberapa kesalahan pewarnaan definisi.
  • KBBI Offline akan otomatis menyimpan ukuran dan posisi tampilan/window.
  • Proses pencarian lebih cepat dari sebelumnya.
  • Menampilkan hasil dalam sistem Paging, sehingga pencarian yang hasilnya banyak akan lebih cepat.
KBBI Offline ini bersifat portable, untuk menjalankannya silahkan sobat mendownload KBBI-offline-1.3.zip kemudian buka dengan program kompressi seperti Winzip, WinRar, 7zip dan sebagainya, selanjutnya keluarkan (extract) semua file yang ada didalamnya. Ada 3 buah file, kbbi.exe, data.dat dan kbbi_config.ini, untuk menggunakan, jalankan saja file kbbi.exe.

Bagi sobat yang tertarik untuk mencoba KBBI Offline 1.3, silahkan download melalui link ini. Wassalam.


Opera

5:55 PM

Assalammualikum. Senang dapat kembali hadir di sini, dan sekalian mau share kembali kepada sobat blogger tentang salah satu browser atau penjelajah web tertua yaitu Opera. Baru baru ini opera telah melakukan update terbaru yaitu Opera 11.50. 

Pada versi ini, Opera melakukan perbaikan-perbaikan diantaranya; peningkatan penanganan tata letak untuk speed ​​dial, memperketat kebijakan keamanan di beberapa lokasi, peningkatan penanganan entri link dengan tanggal yang tidak valid, mengurangi penggunaan memori dalam representasi kode dikompilasi ECMAScript.

Bagi sobat yang belum melakukan update browser Opera ke versi 11.50, sobat dapat mengunduhnya melalui link ini (dan akan selalu update ke versi terbarunya). Wassalam.