Buah Semangka sebagai Obat Alergi

Posted by Sahata Simbolon on 10:43 AM 3 comments

Istilah alergi, sering kali kita mendengar kata tersebut. Alergi secara umum disebabkan adanya zat –zat tertentu yang masuk ke dalam tubuh yang direspon negatif/berlebihan oleh tubuh. Hasil penelitian telah membuktikan bahwa bila salah satu orang tua menderita alergi kemungkinan resiko penyakit tersebut diturunkan pada anaknya yaitu sekitar 25 -30 % sedangkan bila kedua orang tuanya menderita alergi kemungkinan resiko diturunkan pada anaknya menjadi 60-70%.

Bentuk-bentuk alergi yang umumnya terlihat adalah berupa gatal-gatal atau timbul bisul terutama di pipi, daerah sekitar rambut, kotoran telinga berlebihan kadang sedikit berbau, dan gejala yang lain adalah mata sering timbul kotoran mata (belekan) salah satu sisi/kedua sisi. 

Cara pencegahan yang terbaik adalah dengan menghindari faktor pencetusnya. Secara teoritis alergi tidak dapat dihilangkan tapi dapat dikurangi frekuensinya. Namun seringkali alergi sulit dihindari. Tapi bila sudah terjadi ada satu tips yang mudah dan murah untuk mengatasinya dengan cara mengkonsumsi buah semangka. Tujuan mengkonsumsi buah semangka selain untuk mengurangi juga untuk mencegah gejala alergi. Secara farmakologi buah semangka mengandung zat diuretic, anti radang , dan pelumas usus. Lebih lanjut buah ini mengadung likopen yang merupakan anti oksidan yang lebih unggul dari vitamin C dan E.

Buah semangka yang merupakan tanaman merambat, buahnya berbentuk bola, dagingnya merah (ada juga yang berwarna kuning), berair dan berbiji. Selain dikonsumsi sebagai buah yang berkhasiat untuk penyejuk tubuh saat cuaca panas dan peluruh kencing, ternyata dapat juga digunakan sebagai pengobatan alternatif khususnya untuk alergi yang aman dan murah. Berikut cara pengolahannya: a. buah dikupas kulit luarnya saja bagian yang berwarna putih jangan dibuang, b. daging buah yang berwarna merah dan bagian yang berwarna putih tadi dijus dengan juicer diambil sarinya diminum 3 kali 1 gelas (200 ml) selama 3 hari berturut turut. Cara ini dapat dicoba untuk pengobatan selain untuk dinikmati sebarapun anda suka juga segarnya untuk menghilangkan rasa haus yang ada. Semoga bermanfaat.

Sumber : KULINET


3 komentar:

wah, kemana aja ni sob? lama gak posting? baru keliatannya skrg. lagi sibuk ya? hihi
makasi infonya sob. ditunggu postingan lainnya. :)

Wah jus semangka emang kesukaan ane,
mampir balik ya gan: Noor Hidayat's Blog

Makasi atas kunjungannya sob! :)

Post a Comment