WEBCAM FOR DELL INSPIRON MINI

Posted by Sahata Simbolon on 8:41 PM 4 comments

Assalammualikum, sudah lama sekali rasanya saya tidak update di blog ini dikarenakan beberapa hal diantaranya, karena mungkin juga lagi malas ngeblog, hehe. Oh iya, pada kesempatan ini saya ingin share pengalaman saya kepada sahabat semua tentang NOTEBOOK DELL INSPIRON MINI SERIES 10 (1018).

Ceritanya dimulai pada saat, *teman* saya minta perbaiki notebooknya yang terserang virus, dan saya pikir saya bisa memperbaikinya. Setelah saya check, banyak program dan system yang diserang oleh virus tersebut, pakai sistem restore pun tak ada gunanya, karena sistem restorenya hanya tersimpan beberapa hari belakangan saja. Yang saya pikir, mungkin notebooknya ini udah lama terserang virus, tapi entah kenapa baru sekarang saya diberi tahu olehnya. Di install antivirus juga tidak ada gunanya lagi, karena system windows sudah rusak. Perlu diketahui di notebook, hanya terinstall antivirus lokal S****V yang saya pikir tidak terlalu mampu mengatasi virus yang menyebar di dunia maya ini apabila tidak dipadukan dengan antivirus luar negeri.

Setelah install ulang windows di notebook sukses, saya mulai mencari driver dari notebook tersebut ke situs resminya www.dell.com, (karena backup driver juga tidak ada di simpan di notebook). Terus terang, saya tidak punya drivernya, karena baru nemu kerjaan notebook type inspiron mini ini. Setelah merasa semua driver terdownload, saya mulai menginstall satu persatu drivernya, setelah itu saya check pada bagian device manager, dan komplete, tidak ada driver yang ketinggalan atau yang belum ketemu. Tapi, webcamnya kok tidak berfungsi? Padahal semua driver sudah diinstal, saya mulai mencari lagi  di situs resminya www.dell.com, dan setelah saya check satu persatu, driver for dell inspiron mini series 10 (1018) tidak ada yang menyinggung masalah webcam, aneh? Lantas saya pergi ke www.google.com dan mulai mengetik "webcam for dell inspiron mini 1018" dan saya menemukan "Dell Webcam Central" di "http://dell-webcamcentral.software.informer.com", dan kemudian saya download. Setelah download selesai  saya coba install di notebook dan ternyata tidak membuahkan hasil, yang saya dapatkan adalah tulisan seperti ini "setup could not detect any dell webcam central on your system", artinya saya gagal menginstall software tersebut. Saya lantas membaca komentar dari beberapa user di situs tersebut, benar saja, ada beberapa dari mereka yang komplain tentang webcamnya. 

Saya tidak patah semangat, saya terus mencari dan mencari, dan akhirnya saya mendapatkan link download yang menurut saya linknya sangat panjang, dan saya tidak begitu yakin, tapi tidak ada salahnya dicoba karena link tersebut pada awalnya tertulis "http://support.dell.com/"  dst dst dst, (link dari situs resmi dell) Alhamdulillah, setelah saya install, webcamnya jadi berfungsi. Jika ada sahabat yang mempunyai masalah yang sama seperti saya, sahabat bisa mendapatkan softwarenya di sini (148 MB), mungkin juga software tersebut bisa berfungsi buat inspiron mini series lain. Wassalam.


4 komentar:

Sob, mau nanya nih ... Ane pake laptop Axioo, dan Webcamnya menggunakan BisonCam. Yang mau ane tanyain nih, kenapa tampilannya gelap ya? Padahal ditempat terang. Gelapnya gak gelap banget. Masih bisa keliatan, tapi gak seperti normalnya. Terangnya enak diliat. Ini boro-boro, kuntilanak aja malas Webcaman karena agak gelap.

Mohon pencerahannya sob.

mmm, itu gelapnya dari awal beli atau memang baru baru aja sob?. soalnya ada kawan saya, yang baru beli (di kota) dan belum sempat make webcamnya, eh pas di kampung mo coba, webcamnya udah gelap gitu. pas di telp ke toko yang jual, malah di suruh bawa ke AXIOO SERIVE CENTER.
kalo menurut saya, tu memang bawaan dari laptopnya pas waktu beli, ada yang baik dan ada yang buruk kualitas webcamnya.
jadi mungkin saran saya, waktu mau beli laptop, di test dulu semua, sound, vga, webcam dll, jadi pas di beli tidak kecewa, ... mending kalo rumahnya dekat dengan toko tsb, nah kalo jauh? beda kota? kn repot? ...

kalo masalah sobat saiful, gimana tu? pas waktu beli atau memang baru baru ini webcamnya jadi gelap gitu? udah coba di install ulang apa sob? hehehehe ...

klu ane waktu ntuh pas nginstall Lennovo, driver cameranye udah keinstall bro, tapi tetep aja ngadat kameranya gak berfungsi,,, setelah browsing2 di gugel, eh ternyata ada fitur tersembunyi....
yaitu tekan Fn + Esc...
dah tratarararaaraar......!!! kamera nya muncul!!!
amaannn,,,hehehhe..

nice..skali update bermanfaat mas!hehe..jangan lupa komentar balik ya di blogku

Post a Comment